Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pengguna Aplikasi Pegipegi
PDF

Keywords

Pegipegi
Marketplace
Analisis Jalur
Regresi Linear Berganda
SPSS

How to Cite

Setiawan, D., Daniel, E. B., Yudhistyra, E., & Permana, B. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pengguna Aplikasi Pegipegi. Media Informatika, 24(1), 72–84. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v24i1.337

Abstract

Marketplace merupakan sebuah platform yang disediakan untuk para penjual dan pembeli agar dapat melakukan transaksi secara online dan dapat melakukan transaksi pembelian dengan mudah dan praktis. Pegipegi adalah sebuah layanan situs pemesanan secara online untuk hotel, tiket pesawat, tiket kereta api dan bus. Pada penelitian ini penulis membuat tabel review pengguna yang didapatkan dari playstore aplikasi Pegipegi dengan tujuan agar penulis bisa melihat tanggapan konsumen tentang pengalamannya dalam menggunakan aplikasi Pegipegi dan ulasannya memiliki respon yang positif terhadap aplikasi Pegipegi. Sehingga melalui ulasan tersebut, Penulis ingin melakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku pengguna Pegipegi, maka model UTAUT2 digunakan dalam penelitian ini.

Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Pegipegi dan jumlah responden sebanyak 312 responden, dengan 58 responden yang tidak menggunakan aplikasi Pegipegi, 25 responden yang memberikan jawaban yang bertentangan dengan pertanyaan validasi dan juga jawaban yang sama di seluruh pertanyaan sehingga data yang dapat diolah dalam penelitian ini sebanyak 229 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS.

Hasil dari penelitian uji parsial menyatakan bahwa performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, dan price value tidak berpengaruh terhadap behavioral intention. Sedangkan hedonic motivation dan habit berpengaruh terhadap behavioral intention. facilitating condition tidak berpengaruh terhadap use behavior, sedangkan habit dan behavioral intention berpengaruh terhadap use behavior.

Hasil dari penelitian uji simultan menyatakan bahwa variabel independen performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, habit dan price value secara bersama-sama berpengaruh terhadap behavioral intention. Dan facilitating condition, habit dan behavioral intention secara bersama-sama berpengaruh terhadap use behavior.

Hasil persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu

Y1 = –0,003X1 + 0,080X2 – 0,042X3 + 0,063X4 + 0,213X5 + 0,086X6 + 0,518X7 + 0,673

Y2 = 0,064X4 + 0,380X7 + 0,364Y+ 0,709

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v24i1.337
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Dhanny Setiawan, Eunice Brecilia Daniel, Ekabrata Yudhistyra, Budi Permana