Implementasi Aplikasi Berbasis Augmented Reality dengan Metode Markerless untuk Memperkenalkan Satwa Langka di Indonesia
PDF

Keywords

Informasi
Edukasi
Satwa Langka
Augmented Reality
AR Markerless

How to Cite

Shandi, Y. J., Stefani, K., Ginting, D., & Tilis, C. S. T. (2024). Implementasi Aplikasi Berbasis Augmented Reality dengan Metode Markerless untuk Memperkenalkan Satwa Langka di Indonesia. Media Informatika, 23(2), 74–88. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i2.222

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan satwa langka namun seiring bertambahnya jumlah penduduk dan perubahan lingkungan telah mengancam keberadaan beberapa spesies. Pentingnya mengenalkan anak-anak terhadap satwa-satwa langka adalah bentuk dukungan untuk tetap mempertahankan dan melestarikan satwa-satwa langka tersebut dengan cara menampilkannya dalam bentuk 3D AR markerless dengan tujuan untuk menarik minat anak-anak sebagai alat bantu pengenalan satwa langka yang ada di Indonesia.

Perancangan aplikasi ini menggunakan Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) yang merupakan pendekatan untuk pengembangan perangkat lunak dimana struktur perangkat lunak didasarkan pada objek yang saling berinteraksi untuk menyelesaikan sebuah tugas. Penyusunan perancangan aplikasi augmented reality menggunakan metode Markerless yang merupakan metode yang tidak memerlukan marker untuk menampilkan objek virtual. Dengan menggunakan metode SLAM (Simultaneous Location and Mapping) yang artinya pengguna atau pengguna dapat mengakses dan menggunakan aplikasi dimana saja dan kapan saja. 

Dalam perancangan aplikasi metode yang digunakan menggunakan pendekatan SDLC prototyping dengan membuat beberapa diagram UML (Unified Modeling Language) untuk menguraikan cara kerja dalam aplikasi augmented reality yang terdiri dari 3 jenis diagram yakni Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Class Diagram. Pembuatan aplikasi yang digunakan yaitu software Unity3D versi 3.4.2 sedangkan untuk membuat desain objek 3D satwa langka menggunakan software Blender versi 3.5. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi AR Satwa Langka Markeless dapat di install pada semua perangkat smartphone namun akses kamera pada smartphone hanya berjalan baik pada kondisi lingkungan cahaya yang cukup seperti terang dan redup serta hanya berjalan pada kualifikasi smartphone tertentu yang mendukung ARCore.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i2.222
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Yusup Jauhari Shandi, Kezia Stefani, Dahlia Ginting, Charles S. Tefa Tilis