Abstract
E-commerce merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang menjadi solusi para penjual barang dan jasa untuk dapat lebih mudah melakukan transaksi dengan para customer secara online. Aplikasi Bobobox merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan layanan pemesanan hotel kapsul secara online dan memberikan kemudahan bagi para tamunya untuk mengoperasikan hal-hal didalam hotel kapsul menggunakan fitur di dalam aplikasi.
Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 239 responden, dengan 15 responden tidak pernah menggunakan aplikasi Bobobox, serta terdapat 1 responden memberikan jawaban yang sama terhadap seluruh pertanyaan kuesioner sehingga data yang dapat digunakan dan diolah dalam penelitian ini sebanyak 223 responden. Mayoritas responden berjenis kelamin wanita, berusia 17-27 tahun, dan merupakan pelajar atau mahasiswa, pengolahan dan pengujian data menggunakan software SPSS untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan aplikasi Bobobox.
Hasil analisis rantai kausal pertama dan rantai kausal kedua menyatakan bahwa social influence, hedonic motivation, dan habit berpengaruh secara parsial terhadap behavioral intention, serta habit dan behavioral intention berpengaruh secara parsial terhadap use behavior. Koefisien jalur rantai kausal pertama didapatkan persamaan = 0,048 + 0,040 + 0,182 + 0,017 + 0,220 + 0,052 + 0,434 + 0,616 dan Koefisien jalur rantai kausal kedua didapatkan persamaan = 0,014 + 0,296 + 0,375 + 0,776.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Dhanny Setiawan, Gracesia Elizabeth, Ekabrata Yudhistyra, Kurweni Ukar, Dahlia Ginting, Yenita Juandy