Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi, kemudahan penggunaan, customer experience dan citra merek terhadap kepuasan pengguna aplikasi Zalora. Peneliti menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada pengguna aplikasi Zalora sebanyak 280 data responden. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah Teknik Non Probability Sampling jenis Purposive Sampling. Dalam pengukuran data, peneliti menggunakan Skala Likert. Data yang telah dikumpulkan akan diolah menggunakan SPSS 26.0.
Dari pengujian asumsi klasik pada penelitian ini menghasilkan tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heterokedastisitas, dan data terdistribusi normal. Melalui uji-T diperoleh bahwa variable kualitas pelayanan, promosi, kemudahan penggunaan, customer experience dan citra merek secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Zalora. Melalui uji F diperoleh bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi, kemudahan penggunaan, customer experience, dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu: Y = - 0.940 + 0.063 X1 + 0.234 X2 + 0.225 X3 + 0.234 X4 + 0.140 X5
Koefisien determinasi sebesar 0.910 menunjukan bahwa kualitas pelayanan, promosi, kemudahan penggunaan, customer experience dan citra merek secara simultan mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 91%, dan sisanya sebesar 9% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas di penelitian ini.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Dahlia Ginting