Implementasi Metode Naïve Bayes untuk Menentukan Persetujuan Pemberian Beasiswa Penuh pada Penerimaan Mahasiswa Baru di Institusi Pendidikan X
PDF

Keywords

Data Mining
Classification
Naïve Bayes

How to Cite

Aliman, W. (2023). Implementasi Metode Naïve Bayes untuk Menentukan Persetujuan Pemberian Beasiswa Penuh pada Penerimaan Mahasiswa Baru di Institusi Pendidikan X. Media Informatika, 21(3), 175–186. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v22i1.91

Abstract

Beasiswa merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di sebuah institusi Pendidikan terutama Institusi Pendidikan Swasta.  Beasiswa yang diberikan juga harus disesuaikan agar tidak merugikan bisnis dari Institusi Pendidikan tersebut, sehingga perlu menganalisa karakteristik calon penerima beasiswa. Institusi Pendidikan harus dengan cermat menentukan karakteristik calon mahasiswa yang berpotensi untuk diberikan beasiswa.

Penelitian ini memanfaatkan proses Data Mining untuk menemukan dan mempelajari pola perilaku yang ada dari data masa lalu. Pengetahuan akan profil pelanggan yang berhasil menjadi mahasiswa dengan yang kemungkinan besar tidak akan menjadi mahasiswa ini dapat digunakan untuk mengukur perilaku calon mahasiswa yang mendaftar di Institusi Pendidikan X dengan melihat demografi dari calon mahasiswa, waktu pendaftaran, dan juga besaran beasiswa yang telah diberikan dari pengalaman yang sudah terjadi khususnya data pada tahun 2016-2020.

Penelitian menggunakan metode Naïve Bayes ini menghasilkan tingkat akurasi rata-rata 80-90%, menurut penelitian yang dilakukan probability keberhasilan menjadi mahasiswa (calon mahasiswa menuntaskan proses pendaftran hingga menjadi mahasiswa) lebih tinggi apabila pemberian beasiswa dilakukan melalui ujian atau prestasi dari calon mahasiswa.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v22i1.91
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Wilianti Aliman