Perancangan Perangkat Lunak Visual Novel Peristiwa Bandung Lautan Api
PDF

Keywords

visual novel
Unity Engine
Peristiwa Bandung Lautan Api

How to Cite

Matatula, J. J., & Shandi, Y. J. (2021). Perancangan Perangkat Lunak Visual Novel Peristiwa Bandung Lautan Api. Media Informatika, 20(2), 131–136. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v20i2.75

Abstract

Di era modern saat ini, dunia game dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat termasuk dalam dunia PC game. Dari sekian banyak game yang menyajikan fitur, kualitas, visualisasi maupun alur cerita game itu sendiri, terdapat game yang tetap memakai konsep kesederhanaannya, yakni visual novel. Pengembang game lokal yang memproduksi visual novel lebih banyak dipengaruhi oleh gaya anime dan manga dari Jepang. Artikel ini memaparkan perancangan visual novel Peristiwa Bandung Lautan Api (PBLA). Pemodelannya memanfaatkan beberapa diagram UML. Pengembangan perangkat lunak menggunakan metode prototyping. Program dibuat dengan perangkat Unity Engine dan C#. Visual novel ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pemain dan pengembang game lokal betapa bagusnya sejarah di Indonesia, khususnya peristiwa heroik Bandung Lautan Api, sehingga bisa mendorong lebih banyak lagi pengembang game lokal yang membuat visual novel.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v20i2.75
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Jason Jiv Matatula, Yusup Jauhari Shandi