Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pembelian Impulsif pada Pengguna Aplikasi Shopee
PDF

Keywords

Promosi
Kualitas Informasi
Electronic Word of Mouth
Online Store Belief
Impulsive Buying
Price Perceptioin
Hedonic Shopping Motivation

How to Cite

Cynthia, M., Tjahjadi, D., & Yudhistyra, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pembelian Impulsif pada Pengguna Aplikasi Shopee. Media Informatika, 20(2), 80–90. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v20i2.62

Abstract

Pekembangan teknologi yang sangat cepat sekarang ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup. Salah satu aplikasi yang memanfaatkan teknologi untuk e-commerce yaitu Shopee. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui seberapa besar pengaruh promosi, kualitas informasi, electronic word of mouth, online store belief’s, persepsi harga, dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pengguna. Penelitian ini dilakukan kepada 290 responden dan menggunakan model analisis regresi linear berganda

Pada penelitian ini diketahui bahwa persepsi harga dan motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif pengguna, tetapi promosi, kualitas informasi, electronic word of mouth, online store belief’s tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif pengguna. Pada penelitian ini menggunakan gender sebagai pemoderasi dan diperoleh hasil pada responden pria kualitas informasi dan persepsi harga berpengaruh terhadap pembelian impulsif sedangkan pada responden wanita online store belief’s dan motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v20i2.62
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Merry Cynthia, Djajasukma Tjahjadi, Ekabrata Yudhistyra