Revolusi Industri 4.0 : Implikasi terhadap Manajemen Sumberdaya Manusia
PDF

Keywords

Revolusi Industri 4.0
Manajemen SDM

How to Cite

Wijaya, M. (2020). Revolusi Industri 4.0 : Implikasi terhadap Manajemen Sumberdaya Manusia. Media Informatika, 19(2), 51–60. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i2.41

Abstract

Peluang Internet dalam mengeliminasi batasan jarak dan kemampuan untuk mentransfer data besar secara instan sudah merambah pada setiap wilayah kehidupan kita, dan berkembang secara lebih mendalam dalam memberikan dampak terhadap proses produksi dan proses bisnis. Perusahaan-perusahaan yang sudah mengadopsi teknologi tinggi sudah merasakan dampak tersebut dalam proses bisnis dan perubahan struktur lingkungan bisnisnya. Dalam jurnal ini, penulis ingin menunjukkan dampak dari Revolusi Industri 4.0 terhadap proses manajemen sumber daya manusia. Mulai dari cara pandang yang baru terhadap sumber daya manusia yang ada sampai kepada peningkatan kualifikasi dan spesifikasi sumber daya manusia yang diperlukan serta bagaimana perusahaan dapat mengembangkan para karyawannya untuk tetap dapat bertahan bekerja dengan perubahan-perubahan serta tuntutan mutakhir yang terjadi dari revolusi industri 4.0 tersebut.

Terdapat sepuluh aspek yang perlu diperhatikan manajemen sumber daya manusia dalam mensikapi dan merespon Revolusi Industri 4.0 yaitu: (1)Perspektif Stratejik, (2)Ketenagakerjaan, (3)Manajemen Kinerja, (4)Menemukan Bakat, (5)Pelatihan, (6)Manajemen Berbasis Data, (7)Proteksi Informasi, (8)Lingkungan Kerja, (9)Media Sosial, (10)Kesimbangan dalam Kerja dan Kehidupan.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i2.41
PDF