Rekayasa Perangkat Lunak Pengenal Binatang Menggunakan Metode CART
PDF

Keywords

classification
regression
clarifai

How to Cite

Shandi, Y. J. (2020). Rekayasa Perangkat Lunak Pengenal Binatang Menggunakan Metode CART. Media Informatika, 19(2), 38–50. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i2.40

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi, menyebabkan kebutuhan akan informasi sudah tidak lagi membutuhkan alat peraga. Berbagai bentuk informasi terhadap objek atau benda yang ditemukan ingin langsung didapatkan, akan tetapi masalah seringkali muncul karena pengenalan suatu objek yang dikenali terbatas.

Artikel ini memaparkan desain sistem untuk menghasilkan informasi tanpa alat peraga secara fisik, dan secara khusus bertujuan mempermudah seseorang untuk mengenal suatu binatang yang ditemukan secara langsung atau tiba-tiba. Pemilihan binatang sebagai objek yang dikenal, karena memiliki bentuk objek yang tergolong konsisten sehingga dapat meningkatkan nilai keakuratan dalam melakukan penelitian.

Pemilihan Metode Classification And Regression Tree (CART) yang digunakan, karena memiliki performa yang akurat dalam pengambilan keputusan. Adapun pemilihan Clarifai API sebagai sistem pendukung perangkat lunak ini, karena memiliki kemampuan baik dalam computer vision untuk mengidentifikasi dan menganalisis suatu objek melalui gambar atau video.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i2.40
PDF