Perencanaan Strategis Sistem Informasi Klinik Kecantikan dengan Pendekatan Ward And Peppard Model (Studi Kasus: PT Virgina Estetika (Farina Beauty Clinic))
PDF

Keywords

Perencanaan Strategis SI
Ward and Peppard Model
Balanced Scorecard

How to Cite

Pranata, A. (2020). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Klinik Kecantikan dengan Pendekatan Ward And Peppard Model (Studi Kasus: PT Virgina Estetika (Farina Beauty Clinic)). Media Informatika, 19(1), 26–37. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i1.39

Abstract

PT.Virgina Estetika (Farina Beauty Clinic) merupakan organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa pelayanan perawatan kulit wajah dan tubuh. Untuk bisa mendapatkan keunggulan bersaing dan dapat bertahan dalam persaingan yang ketat, strategi yang dapat dilakukan Klinik kecantikan adalah dengan differentiation dan cost reduction. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk cost- reduction adalah dengan menjadikan proses bisnis yang ada di Klinik Kecantika menjadi lebih efisien, salah satu hal yang bisa dimanfaatkan untuk efisiensi adalah SI/TI. Secara garis besar penelitian ini merupakan upaya untuk membangun suatu perencanaan strategis sistem informasi beserta portofolio aplikasi di PT. Virgina Estetika (Farina Beauty Clinic) yang bisa memberikan kontribusi yang optimal, terintegrasi dengan baik dan inovatif yang bisa menyatukan keseluruhan aspek pendukung dalam pencapaian strategi bisnis klinik untuk meningkatkan nilai kompetitifnya dalam jasa pelayanan kesehatan.

Dalam penyusunan kerangka kerja perencanaan strategis sistem informasi menggunakan pendekatan Ward and Peppard Model dan dalam mengevaluasi penjabaran perencanaan strategis sistem informasi dan strategi bisnis menggunakan Balance Scorecard IT. Beberapa metode analisis seperti, Value Chain Analysis, SWOT Analysis, PEST Analysis dan Five Force Model Analysis digunakan untuk menganalisis lingkungan bisnis internal dan eksternal. Strategic Grid McFarlan Analysis digunakan untuk memetakan portofolio aplikasi. Pada akhirnya penelitian ini menghasilkan sebuah rekomendasi untuk organisasi berupa prioritas pembangunan yang terbagi menjadi dua hal- hal terkait, pembentukan unit SI/TI dan pengembangan portofolio aplikasi yang akan mendukung keberlangsungan proses bisnis PT. Virgina Estetika (Farina Beauty Clinic) Karawang.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i1.39
PDF