Perancangan Bisnis Aplikasi Pengelolaan Ujian "BilikUji" dengan Fleksibilitas Penggunaan Online dan Offline
PDF

Keywords

Perancangan Bisnis
pay as you go
Aplikasi Ujian
Learning Management System

How to Cite

Aliman, W., Selamet, R., Stefani, K., & Dewantara, A. F. (2025). Perancangan Bisnis Aplikasi Pengelolaan Ujian "BilikUji" dengan Fleksibilitas Penggunaan Online dan Offline. Media Informatika, 24(2), 116–124. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v24i2.343

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, kebutuhan akan solusi yang efisien untuk pengelolaan ujian semakin meningkat bagi perusahaan dan lembaga pendidikan. Tugas akhir ini mengangkat judul “Rencana Bisnis Aplikasi Pengelolaan Ujian "BilikUji" dengan Fleksibilitas Penggunaan Online dan Offline”, yang bertujuan untuk merancang aplikasi inovatif untuk mengakomodir ujian baik secara offline maupun online. Target pasar utama aplikasi ini mencakup sektor formal, termasuk perusahaan dan lembaga pendidikan seperti sekolah, bimbingan belajar dan lembaga sertifikasi yang membutuhkan proses ujian yang fleksibel. "BilikUji" menawarkan model bisnis freemium dengan batasan 20 pengguna untuk versi gratis, serta model berbayar pay-as-you-go yang menyesuaikan dengan penggunaan, sehingga pelanggan dapat memperoleh manfaat maksimal tanpa biaya tetap yang tinggi. Aplikasi ini juga menawarkan fitur terlengkap dibandingkan pesaingnya dengan harga yang kompetitif, sehingga memberikan nilai tambah yang berarti.

Analisis finansial menunjukkan bahwa nilai Net Present Value (NPV) untuk semua skenario pesimis, menengah, dan optimis adalah positif, menandakan bahwa investasi ini layak. Selain itu, Payback Period (PP) yang dihasilkan menunjukkan rentang optimal dengan waktu pengembalian investasi paling lama 4,4 tahun dan paling cepat 3,7 tahun. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa "BilikUji" memiliki peluang besar menjadi market leader di pasar pengelolaan ujian, dengan nilai NPV yang signifikan dan pengembalian investasi dalam waktu yang relatif singkat, dengan catatan diterapkan strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v24i2.343
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Wilianti Aliman, Rachmat Selamet, Kezia Stefani, Andy Fauzy Dewantara