Analisis Rantai Nilai dalam Meningkatkan Kinerja dan Keunggulan Kompetitif Perusahaan
PDF

Keywords

Keunggulan
Keunggulan Kompetitif
Analisis Rantai Nilai
Analisis Biaya

How to Cite

Wijaya, M. (2019). Analisis Rantai Nilai dalam Meningkatkan Kinerja dan Keunggulan Kompetitif Perusahaan. Media Informatika, 18(3), 122–128. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v18i3.31

Abstract

Maksud dan tujuan dari jurnal ini adalah memberikan gambaran umum dan mendasar mengenai analisis rantai nilai sebagai salah satu pendekatan dan alat bantu yang dapat digunakan untuk mengukur serta meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan dan menghadapi tantangan-tantangan yang ada.  Di dalam tulisan ini juga kita akan mengetahui aktivitas utama yang perlu dilakukan dalam menganalisis rantai nilai, serta aktivitas-aktivitas pendukung lainnya sehingga analisis rantai nilai yang dilakukan dapat memberikan hasil dan kinerja yang lebih optimal bagi perusahaan.

Ketika kita memulai melakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan analisis rantai nilai, kita akan dapat menemukan gambaran berbagai dimensi yang dapat kita perbaiki dan kita kembangkan lebih lanjut sehingga perusahaan kita dapat tumbuh dan berkembang dengan berkelanjutan. Dengan analisis rantai nilai, perusahaan dapat semakin memperkuat kredibilitasnya  dalam menghadapi persaingan bahkan dapat semakin mengasah keunggulan kompetitif perusahaan.

Analisis rantai nilai yang dilakukan perusahaan akan membantu perusahaan untuk memberikan gambar besar mengenai efektivitas kinerja perusahaan, serta tantangan-tantangan  yang perlu dihadapi perusahaan dalam mengimplementasi strategi. Dengan perusahaan mengetahui aspek tersebut, maka perusahaan akan dapat segera mengantisipasinya bahkan segera dapat merancang strategi yang terbaik dan pas diimplementasikan pada perusahaan berdasarkan perubahan lingkungan yang terjadi.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v18i3.31
PDF