Rancang Bangun Aplikasi Kerangka Tubuh Manusia 3 Dimensi Berbasis Augmented Reality untuk Media Pembelajaran
PDF

Keywords

augmented reality
AR
3D modelling

How to Cite

Stefani, K., Juandy, Y. ., Hartanto, & Christania, Y. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Kerangka Tubuh Manusia 3 Dimensi Berbasis Augmented Reality untuk Media Pembelajaran. Media Informatika, 23(3), 170–181. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i3.305

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan berbagai manfaat dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bidang ilmu pengetahuan. Teknologi dapat berperan sebagai sarana penunjang ilmu maupun sebagai media pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar di sekolah saat ini tentu memerlukan teknologi untuk membantu pengajar dan pelajar. Penelitian ini mengambil salah satu topik menarik dari ilmu pengetahuan yaitu tentang kerangka tubuh manusia. Untuk memahami topik ini, biasanya sekolah membutuhkan alat peraga berupa model kerangka tubuh manusia. Namun, terdapat sekolah yang tidak memiliki fasilitas tersebut, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang menarik dan terjangkau sebagai penunjang atau pengganti model peraga.

Augmented Reality adalah teknologi yang secara efektif mengintegrasikan objek virtual ke dalam dunia nyata, sehingga dunia nyata terlihat terhubung dengan dunia maya dan memungkinkan interaksi di antara keduanya. AR menawarkan visual menarik dengan objek 3D dan dapat meningkatkan daya imajinasi pelajar, menjadikannya inovasi canggih dalam pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini menghasilkan aplikasi AR yang dapat di install pada perangkat android untuk memudahkan pembelajaran kerangka tubuh manusia. Aplikasi menggunakan metode marker based, yang menggunakan penanda untuk memunculkan objek virtual.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i3.305
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Kezia Stefani, Yenita Juandy, Hartanto, Yohana Christania