Perancangan Deteksi Kebakaran pada Gedung
PDF

Keywords

mikrokontroler
sensor api
GPS
deteksi kebakaran

How to Cite

Sudimanto. (2019). Perancangan Deteksi Kebakaran pada Gedung. Media Informatika, 18(2), 62–66. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v18i2.25

Abstract

Kemajuan teknologi berkembang dengan pesat, hal itu semakin mengingatkan manusia akan pentingnya penggunaan teknologi untuk pencegahan bahaya. Semakin tingginya pertumbuhan manusia membuat lahan semakin sedikit, akibatnya semakin banyak gedung-gedung pencakar langit. Pendeteksian  kebakaran sebelum menjadi besar di gedung tinggi sangatlah sulit, selain sulit terlihat dari luar gedung, banyaknya lantai dan kurangnya penjagaan bisa berakibat fatal, yang seharusnya api bisa ditangani sebelum besar sehingga dapat membakar seluruh isi gedung.

Perangkat ini dirancang dengan dilengkapi sensor api dan GPS yang juga merangkap sebagai pengirim pesan singkat ke pihak terkait seperti pemadam kebakaran maupun ke bagian keamaan. Perangkat ini bekerja dengan menyimpan koordinat alat dan mendeteksi kebakaran, jika terjadi kebakaran alat akan mengirimkan koordinat lokasi melalui  pesan singkat ke pemadam kebakaran.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v18i2.25
PDF