Abstract
Kemajuan teknologi telah mengembangkan sebuah tren transaksi baru, khususnya di bidang perbankkan, antara lain yaitu e-payments. E-payments akan mendorong bisnis perbankan untuk berkembang menyediakan sarana dan fasilitas transaksi yang beragam. PT Bank Central Asia Tbk merupakan salah satu penyedia layanan perbankan menyediakan aplikasi sakuku. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Sakuku BCA dengan judul “Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Sakuku BCA”.
Responden dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi sakuku BCA di kota Bandung. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode Convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 310 responden. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas agar didapatkan alat ukur yang valid dan reliabel, dan hasil yang diperoleh seluruh indikator dan variabel valid dan reliabel. Serta memenuhi uji asumsi klasik, yaitu data yang digunakan dalam penelitian terdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas antara variabel, dan terjadi homokedatisitas,
Hasil uji t menunjukan bahwa citra merek, promosi, kemudahan penggunaan dan kualitas informasi berpengaruh signifikan secara individu terhadap kepuasan pengguna sakuku BCA dengan hasil sig < 0.05 dan T-hitung > T-tabel , sedangkan persepsi manfaat dan kualitas sistem tidak berpengaruh signifikan secara individu terhadap kepuasan pengguna sakuku BCA, karena hasil sig > 0.05 dan T-hitung < T-tabel. Hasil uji F menunjukkan bahwa model fit serta variabel citra merek, promosi, persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, kualitas sistem dan kualitas informasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi BCA sakuku , karena hasil sig 0.000 < 0.05 dan F-hitung = 57.516 > F-Tabel = 2.130.
Koefisien determinasi sebesar 0,523 menunjukan terdapat 52,3% kontrabusi variabel citra merek, promosi, persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, kualitas sistem dan kualitas informasi secara bersama-sama dalam mempengaruhi kepuasan pengguna dan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.