Rancang Bangun Perangkat Lunak E-Commerce Menggunakan Metode Market Basket Analysis
PDF

Keywords

Rancang Bangun
E-Commerce
Market Basket Analysis
Algoritma Apriori
Association Rules

How to Cite

Yulianto, E., & Heryanto, H. (2019). Rancang Bangun Perangkat Lunak E-Commerce Menggunakan Metode Market Basket Analysis. Media Informatika, 18(1), 19–36. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v18i1.22

Abstract

Dengan adanya revolusi industri 4.0, persaingan bisnis semakin ketat khususnya dari sisi proses bisnis promosi, penjualan, dan transaksi. Sebuah sistem sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing industri melalui media internet atau sering disebut E-Commerce.Industri handmade di Indonesia masih kurang berkembang dalam hal pemasaran barang-barang yang telah diproduksi dikarenakan kurangnya penyebaran informasi kepada masyarakat. Kebanyakan proses transaksi jual beli berupa mekanisme penjualan yang berjalan sekarang masih konvensional sehingga menyebabkan pangsa pasar terbatas.

Dengan adanya perangkat lunak E-Commerce berbasis Market Basket Analysis, diharapkankualitas pelayanan kepada pelanggan khususnya dalam memberikan informasi pilihan produk sekaligus meningkatkan proses promosi dan pemasaran produk handmade kepada masyarakat.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v18i1.22
PDF