Optimisasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Simulated Annealing
PDF

Keywords

Penjadwalan
Simulated Annealing
Metaheuristik
Optimisasi

How to Cite

Sukhoco, A. Y., Lanvino, F., Yudhistyra, E., Permana, B., & Ukar, K. (2024). Optimisasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Simulated Annealing. Media Informatika, 23(1), 45–62. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i1.217

Abstract

Penyusunan jadwal perkuliahan merupakan aktivitas administratif yang rutin dilakukan setiap pergantian semester di lingkungan institusi pendidikan tinggi, salah satunya di STMIK LIKMI. Namun, kompleksitas kombinasi data menghambat pihak administrasi untuk bisa menuntaskan aktivitas tersebut secara cepat. Salah satu alternatif yang dapat membantu proses penjadwalan adalah dengan menerapkan algoritma optimisasi, yaitu Simulated Annealing (SA).

Proses penjadwalan dilakukan secara iteratif, dimulai dengan membentuk solusi jadwal baru berdasarkan solusi saat ini, mengevaluasi pelanggaran batasan-batasan yang telah ditentukan terhadap solusi baru tersebut, dan memutuskan apakah menerima solusi baru tersebut untuk dianilkan lebih lanjut atau tidak berdasarkan probabilitas dalam setiap iterasi, layaknya proses anil yang asli. Proses tersebut berlangsung sampai mencapai batas tertentu dan menghasilkan solusi jadwal yang paling memungkinkan yang bisa diperoleh.

Proses penjadwalan yang menerapkan algoritma SA tersebut dapat disesuaikan secara fleksibel dengan kebutuhan studi kasus, sehingga dapat menghasilkan solusi jadwal terbaik yang beragam dan dapat memenuhi batasan-batasan yang ditentukan semaksimal mungkin, dengan mengompromikan kecepatan proses dan keidealan solusi.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i1.217
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Andre Yonathan Sukhoco, Ferdinand Lanvino, Ekabrata Yudhistyra, Budi Permana, Kurweni Ukar