Pengembangan Model Sistem Informasi Manajemen Aset Tetap
PDF

Keywords

Model Sistem Informasi
Manajemen Aset Tetap

How to Cite

Maryanto, B., Sukhoco, A. Y., & Lanvino, F. (2024). Pengembangan Model Sistem Informasi Manajemen Aset Tetap. Media Informatika, 22(3), 206–219. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v22i3.212

Abstract

Aset tetap adalah bagian dari aset berwujud yang dimiliki instansi/perusahaan dengan masa manfaat lebih dari setahun, dimanfaatkan dalam operasional perusahaan dan menghasilkan keuntungan finansial dalam jangka panjang, dapat disusutkan nilainya, serta tidak bersifat liquid. Aset jenis ini berperan sangat penting, karena nilai ekonominya yang tinggi dan menjadi modal operasional perusahaan. Pengelolaan aset yang efisien melalui dukungan sistem informasi, dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan yang bersangkutan.

Dalam artikel ini diuraikan pengembangan model sistem informasi untuk manajemen aset tetap berupa cakupan kebutuhan sistem, rancangan basisdata, serta rancangan antarmuka. Selanjutnya dapat diimplementasikan menjadi aplikasi yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja pengelolaan aset menjadi lebih optimal.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v22i3.212
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Budi Maryanto, Andre Yonathan Sukhoco, Ferdinand Lanvino