Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laboratorium di Balai Teknologi Air Minum
PDF

Keywords

Sistem Informasi Berbasis Web
Pelayanan Jasa Laboratorium
Balai Teknologi Air Minum

How to Cite

Hartanto, & Juandy, Y. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laboratorium di Balai Teknologi Air Minum. Media Informatika, 23(1), 34–44. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i1.210

Abstract

Balai Teknologi Air Minum merupakan lembaga yang melaksanakan pelayanan pengujian, inspeksi, dan sertifikasi serta pengkajian teknologi air minum. Beberapa masalah yang masih terjadi yaitu belum efektif dalam melakukan pekerjaan terutama dalam hal lambatnya aliran data pengujian antar petugas laboratorium sehingga proses pengujian menjadi lama, pemantauan proses pembayaran sampel belum dapat dilakukan secara real-time dan pengarsipan data masih dicatat di buku jurnal dan aplikasi yang terpisah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi yang dapat membantu dalam mendukung kegiatan operasional di Balai Teknologi Air Minum seperti menerima order pengujian sampel air, melakukan pengujian sampel, menyampaikan hasil pemeriksaan kepada pelanggan dengan cepat sehingga dapat meningkatkan kepuasan layanan kepada pelanggan dan pemantauan proses pembayaran dapat dilakukan secara real-time. Metode pengembangan yang digunakan adalah object oriented programming. Dengan penerapan sistem informasi pelayanan jasa laboratorium ini, pendistribusian data dapat dilakukan secara cepat antar petugas laboratorium, menyusun laporan secara otomatis, memantau jumlah pendapatan secara real-time, menyampaikan hasil pengujian sampel air kepada pelanggan dan menyimpan data secara aman dan terkomputerisasi.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i1.210
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Hartanto, Yenita Juandy