Implementasi Aplikasi Surface Roughness Tester atau Alat Ukur Kekasaran Permukaan Jalan Menggunakan C# dan Arduino
PDF

Keywords

Kekasaran Permukaan
Permukaan Jalan
C#
Arduino

How to Cite

Raharja, A. R., Setiyono, R., & Hariyanti, I. (2024). Implementasi Aplikasi Surface Roughness Tester atau Alat Ukur Kekasaran Permukaan Jalan Menggunakan C# dan Arduino. Media Informatika, 23(1), 1–9. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i1.206

Abstract

Jalan merupakan salah satu akses untuk saling menghubungkan satu daerah dengan daerah lain, kerusakan pada jalan di sebabkan oleh beban muatan pada jalan terlalu berlebihan, hal ini mengakibatkan kurang baiknya jalan untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya. Alat uji kekasaran jalan pada umumnya memang menggunakan perangkat keras yang biasanya di gunakan, namun untuk pencatatan hasilnya masih menggunakan manual dan tidak bisa di simpan dalam jangka waktu lama.

Dengan adanya aplikasi ini kekasaran jalan pada suatu daerah dapat di lakukan kapan saja dan di mana saja, selain itu aplikasi ini menggunakan komputer yang terhubung dengan perangkat keras dan ini memudahkan untuk penyimpanan data dan mengeluarkan data pada sebelumnya. Dengan menggunakan GPS dapat memudahkan untuk mengetahui di daerah mana saja yang terdapat jalan yang rusak.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v23i1.206
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Agung Rachmat Raharja, Riyanto Setiyono, Ifani Hariyanti