Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan pada Klinik ST di Bandung
PDF

Keywords

pemodelan
sistem informasi
metode berorientasi objek

How to Cite

Astuti, R., & Kristianto, K. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan pada Klinik ST di Bandung. Media Informatika, 17(2), 80–97. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v17i2.13

Abstract

Sistem Informasi Rawat Jalan ini bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional klinik yang mencakup layanan rawat jalan serta pengelolaan persediaan barang agar lebih cepat dan efisien. Untuk mendokumentasikan sistem ini menggunakan pendekatan berorientasi objek. Pada tahap pemodelan analisis, dibuat system use case, use case scenario, dan activity diagram. Pada tahap perancangan, pendekatan ini menggunakan class diagram dan sequence diagram. Sedangkan pada tahap implementasi, pendekatan ini menggunakan component diagram dan deployment diagram.

Dalam tahap pembangunan sistem informasi, penulis menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans 7.2.1 sebagai development tool, serta MySQL sebagai database engine. Hasil dari pengerjaan ini berupa sistem informasi yang mampu menangani proses pendaftaran pasien, pemeriskaan pasien, pembayaran resep, pembelian produk, serta pembayaran utang terhadap pemasok. Sistem informasi yang dihasilkan mampu mempercepat waktu pemrosesan informasi pada setiap tahap dalam kegiatan operasional klinik.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v17i2.13
PDF