Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pengguna Aplikasi Tokopedia
PDF

Keywords

Analisis Jalur
Regresi Linear Berganda
Pengaruh Gender
SPSS

How to Cite

Ginting, D. B., Ukar, R. K., Setiawan, D., Astuti, R., & Shafira, E. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pengguna Aplikasi Tokopedia. Media Informatika, 21(1), 75–93. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v21i1.111

Abstract

Marketplace merupakan media perantara elektronik yang berfungsi untuk mempertemukan penjual dan pembeli dimana produk dan jasa yang ditawarkan memiliki spesifikasi, harga serta metode yang beragam, sehingga transaksi yang terjalin antar penjual dan pembeli dapat berlangsung dengan efisien. Tokopedia merupakan salah satu pelopor marketplace di Indonesia yang saat ini juga menempati posisi teratas di skala Asia.

Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 226 responden yang terdiri dari 91 responden laki-laki dan 135 responden perempuan dengan metode pengambilan sampel adalah purposive sample dan pengolahan data menggunakkan aplikasi SPSS. Persamaan regresi kausal pertama (Y1) melibatkan variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, hedonic motivation, price value serta habit terhadap variabel behavioral intention. Sedangkan persamaan regresi kausal kedua (Y2) melibatkan variabel facilitating condition, habit dan behavioral intention terhadap use behavior.

Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan variabel performance expectancy, social influence, hedonic motivation, price value dan habit berpengaruh terhadap behavioral intention pada kausal pertama, dan variabel habit dan behavioral intention berpengaruh terhadap variabel use behavior pada kausal kedua, sedangkan variabel facilitating condition tidak berpengaruh baik terhadap variabel behavioral intention maupun use behavior, dan variabel effort expectancy tidak berpengaruh terhadap variabel behavioral intention. Untuk gender laki-laki hanya variabel social influence dan habit yang berpengaruh terhadap behavioral intention pada kausal pertama, dan variabel habit dan behavioral intention berpengaruh terhadap variabel use behavior pada kausal kedua. Untuk gender perempuan, variabel performance expectancy, social influence, hedonic motivation, dan habit berpengaruh terhadap behavioral intention pada kausal pertama, dan variabel habit dan behavioral intention berpengaruh terhadap variabel use behavior pada kausal kedua.

https://doi.org/10.37595/mediainfo.v21i1.111
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Dahlia Br Ginting, R. Kurweni Ukar, Dhanny Setiawan, Rini Astuti, Eunike Shafira